Pemanfaatan Limbah Industri Menjadi Elemen Interior Penunjang Kegiatan Belajar Mengajar Di Pos PAUD Fathonah


Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini berlangsung dari tanggal 11-18 Desember 2018 berlokasi di Pos PAUD Fathonah, Ciganitri Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Dosen Desain Interior Fakultas Industri Kreatif Universitas Telkom dan masyarakat sasar yaitu pengurus Pos PAUD Fathonah yang terdiri dari Kepala Sekolah, Penasihat PAUD, dan beberapa warga sekitar. Mitra masyarakat sasar yaitu Pos PAUD Fathonah cukup kooperatif selama pelaksanaan proses kegiatan. Dimulai dari survey lokasi, pihak mitra yang diwakili oleh Ibu Henni selaku Kepala Sekolah memberikan izin untuk diwawancarai terkait kendala atau kebutuhan ruang yang diperlukan khususnya untuk kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu, tim pengabdian masyarakat mendapat keterangan yang jelas tentang kebutuhan yang diperlukan. Partisipasi mitra juga cukup baik dalam memberi maupun menerima feedback bagi keberlangsungan kegiatan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Masyarakat sasar berharap agar kegiatan pengabdian masyarakat di Pos PAUD Fathonah ini dapat terus berkelanjutan dikemudian hari. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya fasilitas interior terkait kegiatan belajar mengajar yang belum dapat dikatakan baik di Pos PAUD Fathonah ini.Harapan besar dari pihak mitra adalah dengan terjalinnya kerjasama secara berkelanjutan maka akan meningkatkan mutu pendidikan khususnya bagi anak usia dini di Indonesia.

Serah Terima Partisi Oleh Tim Dosen Kepada Masyarakat Sasar

 

Permasalahan Interior di Pos PAUD Fathonah

Perkembangan laju pertumbuhan meningkat sampai tingkat kabupaten. Berbagai macam fasilitas publik terus mengalami perkembangan, dengan terlihatnya pembangunan yang merata hingga ke kabupaten. Fasilitas publik tersebut antara lain yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan, wisata, dan sebagainya. Salah satu fasilitas publik yang memiliki perkembangan yang cukup signifikan adalah Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Perkembangan PAUD yang signifikan didasari oleh kesadaran masyarakat, baik kaum menengah, atas maupun bawah terhadap pendidikan anak di usia dini. Salah satu PAUD yang berada di kawasan kabupaten Bandung adalah PAUD Fathonah. PAUD Fathonah teletak di Desa Lengkong Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Secara administratif Pos PAUD Fathonah berada di kawasan ramai penduduk.

Lokasi PAUD Fathonah yang berada di kawasan pemukiman padat penduduk membuat PAUD tersebut terlihat kurang terawat atau dapat dikatakan kurang nyaman untuk dihuni oleh anak-anak maupun orang dewasa. Lokasi yang bersebelahan dengan sungai menyebabkan adanya polusi udara sehingga udara yang terdapat di PAUD tersebut tidak segar. Bentuk lay-out ruang yang juga belum dapat dikatakan optimal karena posisi pintu masuk langsung berhubungan dengan jalanan sehingga tidak aman untuk anak-anak berlarian. Fasilitas ruang pada PAUD ini juga masih belum lengkap, dapat dilihat dari tidak adanya ruang guru, toilet, pantry, dan hal-hal yang mendukung terciptanya sebuah PAUD yang sesuai.

Selain beberapa permasalahan yang telah disebutkan diatas, terdapat satu permasalahan utama yang berhubungan dengan proses belajar mengajar di PAUD Fathonah. Permasalahan utama tersebut adalah, tidak adanya pembatas ruang yang layak di ruang belajar anak tersebut. Ruang yang digunakan untuk proses belajar mengajar terdiri dari 2 ruang yang berbeda tetapi hanya dibatasi oleh partisi sederhana. Pembatas ruang (partisi) hanya menggunakan tumpukan kursi dan papan sederhana. Dengan bentuk pembatas ruang tersebut, membuat kenyamanan manusia didalam ruang tersebut tidak maksimal. Partisi tersebut tidak dapat meredam kebisingan yang terjadi ketika 2 ruang belajar tersebut sedang melakukan kegiatan belajar mengajar sehingga akan mengganggu kenyamanan penghuninya. Selain mengganggu dari segi kenyamanan audial, secara visual juga dapat mengganggu kenyamanan belajar mengajar antar 2 ruang tersebut.

Permasalahan di Pos PAUD Fathonah
Permasalahan di Pos PAUD Fathonah

Solusi dan Luaran Kegiatan Pengabdian Masyarakat

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberi solusi yang timbul di lingkungan PAUD Fathonah, terutama suasana di ruang belajar mengajar yang dapat meningkatkan kenyamanan sehingga mood maupun aktifitas yang terjadi didalamnya lebih menyenangkan. Lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menjadi wadah untuk mengembangkan potensi diri anak, dimana diperlukan juga interaksi aktif dari pengasuh, guru, ataupun orang tua. Sehingga luaran kegiatan ini yaitu dengan pembuatan model desain 1:1 berupa elemen interior yaitu partisi (pembatas ruang).

Partisi (pembatas ruang) yang dibuat juga harus dapat dilipat agar apabila ada kegiatan di PAUD Fathonah yang memerlukan ruangan yang besar maka partisi yang membatasi kedua ruang tersebut bisa dibuka. Pembatas ruang (partisi) dibuat secara modular agar lebih mudah ketika dilipat dan dapat disimpan disudut ruangan tanpa membutuhkan area yang luas. Pembatas juga dilengkapi dengan roda agar proses ketika dipindahkan tidak membutuhkan tenaga yang besar (mengingat pengguna ruang PAUD tersebut sebagian besar wanita dewasa dan anak-anak).

Proses desain dilakukan setelah mengetahui konsep perancangan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Perancangan juga menggunakan beberapa refrensi mengenai furniture multi fungsi (moveable ataupun convertible). Hal tersebut dilakukan agar produk desain yang diciptakan memiliki fungsi ganda yaitu sebagai elemen estetis ruang dan media penyimpanan karya siswa/siswi. Selain itu, mengingat luasan ruang kelas yang tidak begitu besar, furniture yang convertible sangat sesuai apabila ruang kelas membutuhkan space yang lebih lebar untuk kebutuhan tertentu sehingga partisi yang ada dapat dengan mudah dipindahkan. Proses desain menghasilkan gambar kerja 2 dimensi dan 3 dimensi.

Setelah produk desain yaitu partisi selesai, produk desain dikirm dan langsung ditata di ruang kelas Pos PAUD Fathonah. Setelah produk desain ditata dengan rapi, akan dilakukan serah terima produk desain yaitu partisi ruang kelas dari tim Dosen Desain Interior Telkom University kepada Pos PAUD Fathonah, Ciganitri, Desa Lengkong, Bandung, Jawa Barat.

Proses Produksi
Proses Produksi
Proses Pemasangan
Proses Pemasangan

 


Leave a Reply